Asal Usul SURABAYA

Cerita Rakyat Jawa Timur

Dahulu, di lautan sering terjadi perkelahian antara ikan hiu Sura dengan Buaya. Mereka berkelahi hanya karena berebut mangsa. Keduanya sama-sama kuat, sama-sama tangkas, sama-sama cerdik, sama-sama ganas, dan sama-sama rakus. Sudah berkali-kali mereka berkelahi belum pernah ada yang menang atau pun yang kalah. Akhirnya mereka mengadakan kesepakatan.

Ikan Hiu Sura yang sudah memiki rencana untuk menghentikan perkelahiannya dengan Buaya segera menerangkan. Ikah Hiu Sura membagi kekuasaan menjadi dua. Ia berkuasa di dalam air dan Buaya berkuasa di daratan. Batas daerah kekuasaan yaitu tempat yang dicapai oleh air laut pada waktu pasang surut. Dan Buaya setuju dengan gagasan ikan Hiu Sura tersebut.

Tetapi pada suatu hari, ikan Hiu Sura mencari mangsa di sungai. Perbutan ikan Hiu Sura tersebut telah melanggar perjanjian. Di saat ikan Hiu Sura sedang mencari mangsa di sungai, ia kepergok basah oleh Buaya. Tentu saja Buaya sangat marah kepada ikan Hiu Sura tersebut.

Ikan Hiu Sura yang tidak merasa bersalah tenang-tenang saja. Namun Buaya mengkalim bawa Sungai berada di daerah darat. Ikan Hiu Sura tidak mau kalah, ia kembali ngoto bawa perjanjian yang dia buat adalah ia menguasai daerah air bukan lautan, jadi sungai adalah daerah kekuasaan milik ikan Hiu Sura.

Pertarungan sengit antara ikan Hiu Sura dan Buaya terjadi lagi. Pertarungan kali ini semakin seru dan dahsyat. Buaya mendapat gigitan ikan Hiu Sura di pangkal ekornya sebelah kanan. Sementara ikan Hiu Sura juga tergigit ekornya hingga hampir putus, lalu ikan Hiu Sura kembali ke lautan. Buaya puas telah dapat mempertahankan daerahnya.

Pertarungan antara ikan Hiu yang bernama Sura dengan Buaya sangat berkesan di hati masyarakat Surabaya. Oleh karena itu, nama Surabaya selalu dikait-kaitkan dengan peristiwa ini. Dari peristiwa inilah kemudian dibuat lambang Kota Madya Surabaya yaitu gambar ikan Sura dan Buaya.

By Mukhamad Mardiansyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s